Introduction/Mukaddimah

Islam 5w1h

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Saat kau ingin mengetahui sesuatu, maka mulailah dengan konsep 5W + 1H.

  • What             (Apa yang seharusnya dipelajari dalam Islam ?)
  • Where           (Dimana mempelajari Islam ?)
  • When            (Kapan mempelajari Islam ?)
  • Why              (Mengapa harus mempelajari Islam ?)
  • Who              (Dengan siapa belajar Islam ?)
  • How              (Bagaimana ber-Islam yang kaffah/totalitas ?)

Kami punya solusinya!

Kami akan mem-bundling nya dalam beberapa paket secara berkesinambungan dengan content materi yang sederhana namun sangat esensial, terstruktur dan terukur. Sangat menarik, sangat mudah, sangat esensial, dan Insya Allah sangat bermanfaat untuk membangun knowledge Islam mulai usia dini.

Ber-Islam pada hakikatnya tak mengenal usia, gender, kedudukan, jabatan, status sosial sekalipun. Terlebih tak ada jaminan seseorang yang cukup usianya, bagus kedudukan & jabatannya, tinggi status sosialnya dia dapat ber-Islam sesuai syariat Islam. Mari tadabburi potongan QS. Ar-Ruum : 7

يَعْلَمُونَ ظَاهِرًا مِنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الْآَخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ

Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai.” (QS. Ar Ruum: 7).

Syaikh Abu Bakr Jabir Al Jazairi hafizhohullah menjelaskan ayat di atas, “Mereka mengetahui kehidupan dunia secara lahiriah saja seperti mengetahui bagaimana cara mengais rizki dari pertanian, perindustrian dan perdagangan. Di saat itu, mereka benar-benar lalai dari akhirat. Mereka sungguh lalai terhadap hal yang wajib mereka tunaikan dan harus mereka hindari, di mana penunaian ini akan mengantarkan mereka selamat dari siksa neraka dan akan menetapi surga Ar Rahman.” (Aysarut Tafasir, 4/124-125)

Lalu Syaikh Abu Bakr Al Jazairi mengambil faedah dari ayat tersebut, “Kebanyakan manusia tidak mengetahui hal-hal yang akan membahagiakan mereka di akhirat. Mereka pun tidak mengetahui aqidah yang benar, syari’at yang membawa rahmat. Padahal Islam seseorang tidak akan sempurna dan tidak akan mencapai bahagia kecuali dengan mengetahui hal-hal tersebut. Kebanyakan manusia mengetahui dunia secara lahiriyah seperti mencari penghidupan dari bercocok tanam, industri dan perdagangan. Namun bagaimanakah pengetahuan mereka terhadap dunia yang batin atau tidak tampak, mereka tidak mengetahui. Sebagaimana pula mereka benar-benar lalai dari kehidupan akhirat. Mereka tidak membahas apa saja yang dapat membahagiakan dan mencelakakan mereka kelak di akhirat. Kita berlindung pada Allah dari kelalaian semacam ini yang membuat kita lupa akan negeri yang kekal abadi di mana di sana ditentukan siapakah yang bahagia dan akan sengsara.” (Aysarut Tafasir, 4/125)

Mari kita sama-sama ber-Islam dengan baik dan benar melalui pendidikan-pendidikan Islami yang struktural.

Al-Ishlah memiliki 6 paket/modul yang siap dipublikasi melalui media online melalui website http://alishlah.id  maupun offline di Pesantren kami.

Kepada Santri yang telah menyelesaikan satu paket, kami siap memberikan pengesahan berbentuk SERTIFIKAT PAKET setelah santri mengikuti MURAJA’AH (Semacam Ujian) dan dinyatakan lulus oleh staf pengajar kami.Hal ini kami lakukan sebagai apresiasi untuk para santri yang telah menyelesaikan paket materinya untuk dapat terus bersemangat menyelesaikan setiap paketnya.

SERTIFIKAT kelulusan akan kami serahkan dalam acara khusus KENAIKAN KELAS setiap semester (6 bulan sekali). Semua materi pokok PAKET, kami siapkan di web ini dan kami sajikan secara terstruktur dan terukur.

Let’s Join with Al-Ishlah School!

Ber-Islam butuh action sekarang! Agree ?? 

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Al-Ishlah Management.