Edisi 5 : 50 Bahaya Meninggalkan Shalat – Part 1

Ibadah Shalat adalah tiang agamma Islam, pembeda antara Muslim dengan Kafir dan merupakan amal yang akan pertamakali dihisab pada hari kiamat. Jika shalatnya bagus, amalan yang lain dianggap bagus dan jika shalatnya tidak bagus maka amalan yang lainnyapun dianggap tidak bagus.
Berikut 50 macam bahaya bagi yang meninggalkan shalat :
1. Dicabut keberkahan umurnya (semakin tua semakin banyak kejelekan dan penderitaanya).

2. Allah SWT akan mempersulit (mencabut keberkahan) rizkinya.

3. Dihapus tanda kesalehan dari wajahnya (pancaran kasih sayang terhadap sesama),

4. Tidak mempunyai tempat di dalam islam (sia-sia seluruh amalnya). “Tidak ada bagian (pahala apapun) dalam Islam bagi orang yang tidak mengerjakan shalat”. (HR. Malik). Allah SWT tidak akan menerima puasa, zakat, haji, sedekah, dan amal saleh seseorang yang meninggalkan shalat”. (HR, Ibnu Majah).

5. Allah SWT tidak akan mengabulkan do’anya (andaikan dikabulkanpun itu merupakan istidraj/sungkunan yang akan menambah kesesatannya).

6. Menghadapi sakratul maut dalam keadaan hina.

7. Meninggal dalam keadaan yang sangat lapar.

8. Meninggal dalam keadaan yang sangat haus. Seandainya diberi minum semua air laut dan air sungai, tidak akan menghilangkan rasa hausnya.

9. Allah SWT akan menyempitkan kuburannya sesempit sempitnya dan tanah kuburan akan menghimpitnya sehingga hancur berantakanlah tulang-belulangnya.

10. Orang yang meninggalkan shalat kuburannya akan sangat gelap.

11. Disiksa sampai hari kiamat, tubuhnya diserahkan untuk disiksa ular bernama Asy-Syujaul Aqra.

12. Orang yang meninggalkan shalat di hari kiamat akan dibelenggu oleh malaikat.

13. Dibenci Allah SWT Allah, tidak berhak memperoleh rahmat Allah atau tidak akan dipandang dengan pandangan kasih sayang Allah SWT.

14. Allah SWT tidak akan mengampuni dosa-dosanya, kecuali segera bertaubat yaitu dengan segera melaksanakan shalat yang lima waktu.

15. Tempatnya kelak di dasar neraka Jahanam. Dalam jahannam itu terdapat neraka Saqar. “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat”. (Qs. Al Muddatsir : 42-43). Ada juga neraka Wail, jahim, hawiyah dan lam-lam. Andaikan semua gunung di dunia dijatuhkan ke dalamnya akan meleleh karena panasnya yang dahsyat. Abdullah bin Umar r.a. berkata, “Kita jangan merasa cukup bahwa dengan iman yang kita miliki, pada akhirnya kita akan diangkat dari Neraka, yaitu bila akan diangkat dari Neraka setelah 28.800.000 tahun. Dan apabila disebabkan oleh dosa lainnya, maka akan lebih lama lagi mendiami neraka.” (No. 1-15, lihat Kitab Al Irsyad : 12).

16. Para malaikat memukulinya. Pintu neraka Jahannam akan dibukakan baginya, dan ia melesat bagai anak panah ke dalamnya, terjun dengan kepala terlebih dulu, menukik ke tempat Qarun dan Haman di dasar neraka.

17. Dibangkitkan dengan manusia-manusia paling durhaka. Seseorang yang melalaikan shalat karena sibuk mencari harta, maka ia akan dibangkitkan bersama Qarun. Jika ia melalaikan sholat karena kekuasaan dan pemerintahan, maka ia akan dibangkitkan bersama Fir’aun. Jika ia melalaikan shalat karena jabatan dan relasi, maka ia akan dibangkitkan bersama Haman. Jika ia melalaikannya karena perdagangan, maka ia akan dibangkitkan bersama Ubay bin Khalaf. Dan setelah ia dibangkitakan bersama orang-orang tersebut, maka azab ke atas mereka pun sama. (HR. Thabarany).

18. Dilaknat di dalam Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Quran. Sesungguhnya orang yang meninggalkan sholat, setiap hari mendapat 1.000 laknat dari para malaikat dari langit pertama hingga ketujuh.

19. Tidak memperoleh minuman dari telaga surga

20. Tidak mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW.

21. Tidak berhak dijenguk ketika sakit dan diantarkan jenazahnya bila mati.

22. Tidak berhak diberi salam

23. Tidak berhak diajak makan dan minum. Memberi makan dan minum hewan liar lebih baik dari pada member makan minum orang yang tidak shalat.

24. Di hari kiamat saat menghadap Allah SWT untuk diadili, langit terbelah dan malaikat menyeretnya dengan tangan dan leher terikat rantai. ”Ibnu Abbas r.a. berkata, “seandainya satu lingkaran rantai saja yang jatuh ke bumi, pasti rantai tersebut dapat membakar bumi.”

25. Ketika ia menyuapkan makanan ke dalam mulutnya, makanan itu berkata, “Wahai musuh Allah, semoga Allah SWT melaknatmu, kamu memakan rezeki Allah namun tidak menunaikan kewajiban-kewajiban dari-Nya”. (Bersambung….)

Comments are closed.