Blog

Ayo Menghafal Al-Qur’an

Sedang tidur pun santri tetap memeluk Al-Qur’an

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Al Qur’an adalah kitab suci agama islam yang merupakan kitab terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT melalui perantara Malaikat Jibril dan disampaikan kepada Nabi Muhammad sebagai pedoman dan pegangan umat muslim. Al Qur’an terdiri atas 114 surah, 30 juz dan 6666 ayat, dari masing-masing ayat dan juz memiliki penjelasan secara mendetail mengenai seluruh isi dunia.

Al Qur’an yang merupakan pedoman dan pegangan umat muslim, tentu saja kita sebagai muslim wajib hukumnya untuk membaca dan memahami Al Qur’an agar kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalil tentang membaca dan menghafal Al-Qur’an

 

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرّاً وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَّن تَبُورَ. لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

 
 
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (QS Al Fathir: 29-30)
 

Tinggalkan Balasan